KORDA ASERI ROHIL DIKUKUHKAN

Pemkab Rohil Dorong Seniman Beri Kontribusi Pembangunan Kebudayaan

Seni Budaya | Senin, 15 Maret 2021 - 00:09 WIB

Pemkab Rohil Dorong Seniman Beri Kontribusi Pembangunan Kebudayaan
Asisten II Setdakab Rohil, Rahmatul Zamri SSos, dan Ketua Aseri Marhalim Zaini foto bersama jajaran pengurus Aseri Koorda Rohil yang dikukuhkan di Gedung Pertemuan H Misran Rais, Ahad (14/3/2021). (ZULFADHLI/RIAUPOS.CO)

BAGANSIAPIAPI (RIAUPOS.CO) - Pemerintah Daerah Rokan Hilir (Rohil) mendorong kalangan seniman atau pegiat seni dapat terus memberikan kontribusi pada pengembangan kebudayaan maupun kesenian sehingga turut menyumbang pengaruh positif pada pembangunan yang ada di daerah.

Harapan itu disampaikan Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan Setdakab Rohil, H Rahmatul Zamri SSos MSi, pada saat pengukuhan kepengurusan Asosiasi Seniman Riau (Aseri) Kooordinator Daerah (Korda) Rohil periode 2021-2025 di Gedung Pertemuan H Misran Rais,  Bagansiapiapi, Ahad (14/3/2021).


Pengukuhan tersebut diwarnai dengan workshop tentang seni teater se-Rohil. Hadir pada kesempatan itu Ketua Aseri Riau Marhalim Zaini, beberapa pengurus Aseri Riau, dan sejumlah seniman Riau maupun Rohil. 

"Kami dorong para seniman bisa aktif, punya bargaining position yang kuat. Untuk itu perlu melibatkan semua pihak terkait baik negeri maupun swasta agar seniman maupun karyanya bisa mendapatkan perhatian lebih," kata Rahmatul Zamri.

Pemerintah, terangnya, tetap memberikan perhatian, jika dalam bentuk dukungan anggaran maka bisa masuk lewat dana hibah yang biasanya bisa diberikan kepada organisasi pada umumnya. 

Rahmatul menyambut baik keberadaan Aseri Rohil ini mengingat pentingnya ada satu wadah yang secara khusus memberikan dukungan dan perhatian terhadap kalangan seniman. Harapannya, setelah seniman diperhatikan maka kehidupannya diharapkan bisa lebih baik lagi dan pada gilirannya bisa mendorong terus lahirnya karya-karya yang berkualitas. 

"Jangan sampai ada yang karyanya berkembang tapi senimannya tak muncul, hal ini harus menjadi perhatian bersama," katanya.

Ketua Umum Aseri, Marhalim Zaini, menjelaskan keberadaan Aseri penting sebagai wadah bersama untuk lebih peduli dengan seniman. Salah satunya lewat adaya program Lumbung Pangan (Lumpang) sebagai sarana untuk memberikan perhatian langsung kepada seniman yang telah berbuat lewat karyanya. 

"Kegiatan itu telah rutin dijalankan, dengan melibatkan peran serta dari para donatur secara terbuka yang bisa diakses ke web aseri," katanya. 

Menurutnya, keberadaan seniman tak ubahnya dengan profesi lain yang perlu mendapatkan perhatian dan stimulus agar bisa berkembang semakin lebih baik ke depannya. 

Laporan: Zulfadhli (Bagansiapiapi)
Editor: Hary B Koriun


Bank BJB




Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



TERBARU


EPAPER RIAU POS  24-Juni.jpg



riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com