Siak Tuan Rumah Rakernas JKPI 2020

Siak | Senin, 02 Desember 2019 - 09:53 WIB

Siak Tuan Rumah Rakernas JKPI 2020
PAPARKAN: Bupati Siak Alfedri (dua kiri) memaparkan tentang Jaringan Kota Pusaka Indonesian (JKPI) di hadapan peserta di Kota Ambon, Jumat (29/11/2019). (humas pemkab siak for riau pos)

SIAK (RIAUPOS.CO) -- Jaringan Kota Pusaka Indonesian (JKPI) sebagai upaya pemerintah daerah untuk pelestarian pusaka.

Terkait pelestarian kota pusako, sebanyak 70 pemerintah kabupaten dan kota anggota JKPI menggelar pertemuan Kota Ambon.

Ketua Presidium Jaringan Kota Pusaka Indonesia yang dijabat Bupati Siak Alfedri menyampaikan, sebagai organisasi pemerintah kabupaten/kota pusaka dengan keanekaragaman pusaka alam, dan  budaya memiliki kepentingan yang sama dalam hal pelestarian pusaka, sebagai modal dasar pembangunan daerah di masa depan.

"Sebagai esensi pokok dari didirikannya organisasi Jaringan Kota Pusaka Indonesia di Kota Solo, tepatnya pada 25 Oktober 2008 silam," ujar Alfedri pada pembukaan pra prakernas 2019 di Kota Ambon, Jumat (29/11).

Dia menyebutkan, berdirinya JKPI pada saat itu bertepatan dengan momentum penyelenggaraan konferensi dan pameran organisasi kota pusaka Eropa-Asia yang sedang dilaksanakan di Kota Surakarta.

Alfedri juga menyebutkan, tujuan utama dari di dirikannya JKPI, di antaranya adalah untuk tujuan pengembangan kerja sama antarkota-kota pusaka, kemudian mengembangkannya ke dalam bentuk-bentuk kerja sama bersama para pemangku kepentingan.

Selain itu , JKPI juga mendorong peran aktif masyarakat dalam pelestarian pusaka, menginventarisasi kekayaan warisan pusaka, memperkuat identitas NKRI, serta menjadi wadah promosi kota pusaka anggota JKPI.

Alfedri atas nama ketua Presidium JKPI mengajak seluruh anggota JKPI untuk dapat lebih meningkatkan peran pemerintah daerah, serta lebih aktif bekerja sama untuk memajukan daerah, dan organisasi JKPI sesuai dengan cita-cita mulia organisasi  yaitu menjaga dan melestarikan nilai dan bangunan cagar budaya, di samping warisan budaya tidak benda.

"Selaku tuan rumah pelaksana Rakernas dan festival kota pusaka 2020 mendatang di Kabupaten Siak. Kami sangat mengharapkan kehadiran bapak dan ibu para kepala daerah untuk dapat hadir menyaksikan rangkaian pelaksanaan kegiatan tersebut," katanya.(kom)

Laporan WIWIK WIDANINGSIH, Siak




Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU



EPAPER RIAU POS  2020-03-31.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3th floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com