Penghulu Ciptakan Inovasi Produk Unggulan

Siak | Senin, 03 Februari 2020 - 09:00 WIB

SIAK (RIAUPOS.CO) -- Bupati Siak Alfedri meminta agar penghulu atau kepala desa melakukan inovasi untuk menciptakan produk unggulan kampung sebagai potensi dapat menjadi kebanggaan daerah.

Untuk itu,  bupati mengharapkan penghulu harus jeli melihat potensi yang ada di kampungnya, mana yang bisa meningkatkan pendapatan untuk daerahnya. Sehingga bisa membantu menopang perekonomian kampung dan menjadi pemasukan bagi masyarakat .


"Ciptakan inovasi terbaru dan produk unggulan untuk menambah penghasilan selain dana bantuan dari pemerintah," ujar Alfedri, Ahad (2/2).

Menurut Alfedri, penghulu harus bisa menggali potensi dan memaksimalkan sumber daya yang ada di kampung atau desa untuk penunjang pendapatan ekonomi.

Karena banyak potensi yang ada di kampung bisa dikembangkan untuk menjadi pendapatan daerah setempat, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Penghulu kampung agar bisa menggali potensi yang bertujuan dapat meningkatkan pembangunan di daerahnya," kata Alfedri.

Dia menyebutkan, banyak potensi yang dapat digali di antaranya ekonomi, sosial dan budaya. Pendapatan kampung melalui potensi-potensi yang dimiliki kampung, baik sumber daya alam, maupun sumber daya manusia dengan mengembangkan pemanfaatan penggunaan dana yang ada.

Penghulu  lanjut Alfedri, dapat bantuan dana kampung yang bersumber dari APBN, bantuan keuangan dari Pemprov yang bersumber dari APBD provinsi,  maupun alokasi dana kampung (ADK) bersumber dari  APBD kabupaten, gunakanlah sesuai dengan aturan yang berlaku.

Dirinya mengimbau agar penghulu kampung dapat membenahi permasalahan di kampung, sehingga kondisi tetap konduktif. Dalam penyelenggaraan pemerintahan kampung hendaknya perlu dikembangkan partisipasi dan peran serta aktif masyarakat dalam proses pemerintahan serta pembangunan.(wik)






Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU


Achmad - Idul Fitri

UIR PMB Berbasis Rapor

Pelita Indonesia

EPAPER RIAU POS  2020-06-05-ok.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com