KISAH SUKSES SURYADI SUPLAYER PERAIH AMARTA 2020

Kesungguhan dan Kejujuran Menjadi Kunci Utama

Siak | Kamis, 03 Desember 2020 - 09:57 WIB

Kesungguhan dan Kejujuran Menjadi Kunci Utama
Suryadi (tengah) bersama Administratur PT KTU Achmad Zulkarnain dan Partnership Small Halder Astra Argo Wilayah Riau Suyanto melakukan penandatanganan berita acara serah terima CBR 250 di Kuala Gasib, Rabu (2/12/2020). Monang Lubis/Riau Pos

BAGIKAN



BACA JUGA



Siak Idul Fitri 1442

Saat ini dia berusia 38 tahun, dan hanya menamatkan sekolah sampai kelas II SMP. Namun, kegigihan dan kejujuran menjadikannya seperti ini.

(RIAUPOS.CO) - Sejak usia 16 tahun, disebutkan Suryadi, dia sudah bekerja dengan agen sawit. Menimbang sampai mengantar sawit dipercayakan kepadanya. “Kuncinya kejujuran,” jelasnya kemarin.


Seiring berjalannya waktu, Suryadi punya kenalan pengusaha dan banyak yang mau mengajak bekerja sama. Perlu waktu lama baginya untuk memulai usaha menjadi suplayer. Apalagi ketika itu ia masih bujangan, yang dipikirkan hanya untuk kesenangan diri.

Pelajaran berharga yang didapat selama bekerja dengan orang lain, membuatnya sadar bahwa ia memiliki potensi dan kemampuan di bidang itu. “Terlebih, saat turun ke lapangan saya melihat kebanyakan menggunakan cara-cara lama, sementara saya ini zaman sudah berubah,” jelasnya.

Tak ada jalan yang langsung mulus. Di tengah kesungguhannya ada saja hambatan dan tantangan, terutama pelaku kriminal. Membawa uang tunai dalam jumlah besar, merupakan salah satu tantangan, selain tetap menjaga hubungan kerja sama dengan baik dan jujur sebagai kunci.

“Namun, semakin ke sini, Allah semakin mudahkan urusan saya. Ada sekitar 100 peron dan agen sawit yang bekerja sama dengan saya. Dan ada beberapa perusahan juga tempat kami menyuplai TBS, namun Kimia Tirta Utama Astra Agro menjadi prioritas saya,” jelasnya.

Kenapa KTU, karena PT KTU tidak menerapkan potongan berat buah. Tidak hanya itu, KTU juga menerapkan sistem penghargaan untuk setiap penyuplai tertinggi.

“Hingga akhirnya, saya mendapatkan penghargaan apresiasi mitra terbaik Astra Agro (Amarta) 2020, berupa satu unit sepeda motor CBR 250,” ungkapnya dengan wajah semringah.

Ia meriah itu, karena berhasil menyuplai 3.000 ton satu bulan, sesuai target PT KTU. Capaian ini atas kerja sama semua pihak, bukan hasil kerja saya sendiri. Saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kerja saya,” ucapnya.

Disebutkannya, PT KTU menyerahkan CBR 250 seharga puluhan juta, sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan kepadanya. Atas apa yang dilakukannya, tidak hanya perusahaan yang diuntungkan tapi juga masyarakat dan agen sawit. Makanya ia bernazar, jika enam bulan lagi ia mendapatkan penghargaan yang sama, ia menggantinya dengan pupuk, lalu pupuk itu akan dibagikan kepada warga dan agen yang telah mendukung kerjanya.

Sementara Administratur PT KTU Achmad Zulkarnain bersama Partnership Small Halder Astra Aro Wilayah Riau Suyanto mengatakan, Suryadi memang pantas mendapatkan itu. Kerja kerasnya, perjuangannya membuatnya sampai pada titik itu.

“Kami senang dapat bekerja sama dengannya. Kami ingin tidak hanya kami saja yang berhasil tapi juga mitra perusahaan dan petani juga ikut menikmati,” sebut Achmad Zulkarnain, usai penyerahan CBR di kediaman Surjadi di wilayah Kuala Gasib, Siak.(ade)

Laporan MONANG LUBIS, Siak

 


Bank BJB
Living World Lebaran Shoping




Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



petuah ramadan
Menyelamatkan Jiwa
Bagus Santoso (Wakil Bupati Bengkalis)

Menyelamatkan Jiwa

Selasa, 11 Mei 2021

EPAPER RIAU POS  11-mei.jpg

telatah ramadan

Colok Tujuh Likou

Selasa, 11 Mei 2021
Colok Tujuh Likou




riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com