Satreskrim Polsek Siak Hulu Gagalkan Jual Beli Satwa yang Dilindungi

Siak | Senin, 04 April 2022 - 09:03 WIB

Satreskrim Polsek Siak Hulu Gagalkan Jual Beli Satwa yang Dilindungi
Ilustrasi hewan owa. (INTERNET)

SIAKHULU (RIAUPOS.CO) - Jajaran Satreskrim Polsek Siak Hulu berhasil menyelamatkan dua ekor satwa yang dilindungi jenis owa yang dipelihara dan akan di perjualbelikan.

Polsek Siak Hulu juga berhasil mengamankan seorang pelaku VA (22) warga Desa Pandau Jaya, Kecamatan Siak Hulu yang ditangkap di rumahnya, Jumat (1/4) sekitar pukul 18.00 WIB.


Penangkapan ini berawal sekitar jam 15.00 WIB, Opsnal Polsek Siak Hulu mendapat Informasi adanya warga Pandau Jaya yang hendak melakukan transaksi penjualan satwa yang dilindungi jenis owa di Perumahan Pandau Permai, Kecamatan Siak Hulu, Kampar.

Setelah melakukan penyelidikan  tim Opsnal Polsek Siak Hulu mendapat informasi bahwa pelaku tersebut bernama V.  Tim Opsnal yang dipimpin kanit Reskrim Iptu Novris Simanjuntak SH MH langsung melakukan penangkapan terhadap pelaku di depan rumahnya dan pada saat itu ditemukan dua ekor satwa jenis owa.

M Paspor
Iklan

Kapolres Kampar AKBP Rido Purba SIK MH melalui Kapolsek Siak Hulu kompol Rusyandi Zuhri Siregar S, sos, MH membenarkan penangkapan ini. "Pelaku mengakui bahwa hewan owa tersebut ia dapat dari RD yang saat ini DPO kita.  Menjual dengan harga Rp3,5 juta per ekornya," jelas Kapolsek.

"Pelaku sudah melanggar Pasal 40 ayat (2) huruf a Jo Pasal 21 ayat (2) huruf a Undang-undang RI Nomor 05/1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya," tegas dia.(kom)







Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



DPRD SIAK





riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com