Kapolres Siak AKBP Gunar Dianugerahi Gelar Adat Datuk Wira Setia Alam

Siak | Rabu, 06 Juli 2022 - 12:00 WIB

Kapolres Siak AKBP Gunar Dianugerahi Gelar Adat Datuk Wira Setia Alam
Ketua DPH LAMR Kabupaten Siak H Wan Said memasangkan selempang kepada Kapolres Siak AKBP Gunar Rahadiyanto SIK MH yang kini resmi menyandang gelar kehormatan adat sebagai Datuk Wira Setia Alam di Gedung LAMR Siak, Selasa (5/7/2022). (MONANG LUBIS/RIAU POS.CO)

SIAK (RIAUPOS.CO) - Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Siak AKBP Gunar Rahadiyanto SIK MH kini resmi menyandang gelar kehormatan adat sebagai Datuk Wira Setia Alam.

Gelar untuk Kapolres ini, diberikan oleh Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kabupaten Siak.  AKBP Gunar diberikan gelar atas dharma bakti, pengabdian dan kerja sama yang baik terhadap masyarakat adat Kabupaten Siak.

Yamaha Alfa Scorpii

Prosesi penabalan gelar adat ini dilakukan di Kantor LAMR Kabupaten Siak pada Selasa (5/7/2022) siang. Hadir para datuk, Sekda Arfan Usman, Ketua DPRD Indra Gunawan, sejumlah kepala OPD dan keluarga besar Polres Siak.

Memasuki gedung LAMR Kabupaten Siak AKBP Gunar mengenakan busana Melayu berbahan songket warna hitam dan corak kuning keemasan. Kapolres Gunar berjalan didampingi istrinya Fitri Gunar, yang terlihat anggun menggunakan pakaian senada.

Prosesi penabalan gelar kehormatan adat diawali dengan dibacakannya riwayat hidup AKBP Gunar, disusul warkah penabalan adat. Majelis penabalan gelar adat ditandai dengan pemasangan tanjak oleh Ketua MKA LAMR Kabupaten Siak Datuk H Nazir Khatan, pemasangan selempang oleh Ketua DPH LAMR Kabupaten Siak H Wan Said dan pemasangan keris oleh ahli waris atau keturunan datuk empat suku.

Usai penabalan gelar kehormatan adat, kegiatan dilanjutkan dengan tepuk tepung tawar dan doa bersama. Kapolres Siak dalam sambutannya mengatakan, gelar yang diterimanya ini, merupakan kehormatan yang sangat besar dan menjadi anugerah luar biasa.


"Alhamdulillah, saya sangat bersyukur atas penabalan gelar kehormatan adat ini. Gelar adat ini, merupakan anugerah yang sangat luar biasa bagi saya, keluarga, dan selaku Kapolres," ucap Gunar.

Kabupaten Siak merupakan tanah yang sangat kental akan budaya Melayu, dikenal dengan Negeri Istana. Dengan kesungguhan, Kapolres Gunar mengatakan sangat memuliakan gelar adat ini. Bahkan dari lubuk hatinya yang paling dalam, dia ingin mengatakan bahwa sesungguhnya dialah yang harus berterima kasih kepada seluruh masyarakat Kabupaten Siak yang telah banyak berbudi kepadanya.

“Dengan kerendahan hati, saya ucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Siak atas segala keramahan, kebaikan, dan dukungan yang diberikan kepada saya,” ucap Gunar.

Sebagai seorang saudara, dikatakan Kapolres Gunar, jika ada hal yang tidak berkenan selama menjalankan tugas maka mohon diberikan maaf yang sebesar-besarnya.

Dalam momen itu, Ketua MKA LAM Siak Datuk H Nazir Khatan mengucapkan selamat kepada Kapolres Siak Tuan Datuk Wira Setia Alam atas penabalan gelar adat yang telah dilaksanakan. Menurut Ketua MKA Datuk Nazir Khatan, gelar hal itu amanah dari Allah SWT yang dipercayakan kepada Kapolres Siak atas gelar yang diterimanya.

“Semoga Tuan Datuk Wira Setia Alam dan Datin Fitri Gunar senantiasa dilindungi Allah SWT di mana pun berada,” ucap Ketua MKA Nazir Khatan.

Sekda Kabupaten Siak H Arfan Usman mewakili Pemkab Siak mengucapkan selamat kepada Kapolres Siak atas gelar yang diterimanya.

Gelar adat ini merupakan simbol doa dan harapan masyarakat Kabupaten Siak kepada yang terhormat Tuan AKBP Gunar Rahadiyanto.

“Kiranya selaku pemimpin yang baik hati, bagaikan aur dengan tebing, semoga senantiasa Allah memberikan pertolongan dan kemudahan dalam melaksanakan tugas dan pengabdian,” ucap Sekda Arfan.

Acara penabalan berjalan dengan tertib dan lancar, ditutup dengan foto bersama Kapolres Siak Datuk Wira Setia Alam dan Datin Fitri Gunar, sekaligus mengikuti jamuan makan siang.

Laporan: Monang Lubis (Siak)

Editor: Edwar Yaman

 

 








Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



BRI Simpedes II PKU

DPRD SIAK



EPAPER RIAU POS  17-august.jpg




riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com