Masuk ke Permukiman, Beruang Memangsa 7 Ternak Warga

Siak | Selasa, 07 Juli 2020 - 10:12 WIB

Masuk ke Permukiman, Beruang Memangsa 7 Ternak Warga
Tim dari BBKSDA Riau melakukan koordinasi dan pengecekan ke lapangan dengan penghulu dan masyarakat Kampung Sengkemang Kecamatan Koto Gasib, Kabupaten Siak terkait beruang yang masuk permukiman penduduk, Ahad (5/7/2020).(BBKSDA FOR RIAUPOS.CO)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) -- Beruang masuk kampung telah meresahkan warga. Pasalnya satwa yang dilindungi itu masuk ke permukiman penduduk di Kecamatan Koto Gasib, Kabupaten Siak. penghulu kampung Sengkemang Koto Gasib telah melaporkan hal itu ke Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau. Menindaklanjuti hal itu BBKSDA Riau langsung melakukan koordinasi dan melakukan pengecekan ke lapangan dengan penghulu dan masyarakat Kampung Sengkemang.


Kepala Bidang Wilayah II BBKSDA Riau Heru Sutmantoro me­ngatakan, dari hasil koordinasi dan pengecekan di lapangan, menurut keterangan warga beruang berjumlah dua ekor (induk dan anak). Beruang itu sudah 3 hari berkeliaran di sekitar pemukiman dan pertama kali muncul pada, Kamis malam (2/7) sampai terakhir kali terlihat pada, Ahad (5/7) subuh di belakang rumah salah satu rumah warga.

"Beruang sudah memangsa tujuh ekor ayam milik warga.  Tim melakukan pengecekan ke lokasi dan menemukan bekas cakaran di kandang ayam dan di pohon manggis serta sarang (tempat tidur) di belakang salah satu rumah warga," ujar Heru, Senin (6/7).

Untuk itu, ia dan tim mengimbau kepada masyarakat tidak pa­nik, selalu berhati-hati dan menghubungi petugas jika beruang muncul kembali.  

"Saat ini tim masih terus berkoordinasi dengan Penghulu Kampung Sengkemang dan akan mengupayakan pemasangan perangkap di lokasi kemunculan beruang tersebut," terangnya.(dof)



youtube riaupos



Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU

Pemkab.Pelalawan - HUT Adhyaksa



Sharp Pekanbaru PSBB


UIR PMB Berbasis Rapor

EPAPER RIAU POS  2020-08-09.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com