Gerhana di Langit Siak

Siak | Rabu, 11 Desember 2019 - 09:29 WIB

Gerhana di Langit Siak

Peristiwa langka akan terjadi pada penghujung 2019 ini. Gerhana Matahari Cincin (GMC) akan terjadi Kamis, 26 Desember 2019 pukul 12.00 WIB. Salah satu titik  terbaik untuk mengamati fenomena alam ini berada di Riau, tepatnya di Kampung Bunsur, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak.


SIAK (RIAUPOS.CO) -- Sebuah berkah bagi warga di sekitar Kampung Lalang, Kampung ­Bunsur, dan Mengkapan, Siak. Gerhana akan melintasi kampung mereka dan hanya akan terulang 375 tahun lagi. Menurut data yang dirilis Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Sejumlah wilayah di Indonesia akan dilintasi oleh Gerhana Matahari Cincin (GMC) ini seperti Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur. Namun LAPAN menetapkan dan menjadikan lokasi di Siak ini menjadi tempat terbaik untuk ­mengamati gerhana ini. Gubernur H Syamsuar ­sejak 2019 lalu, sudah mencanang kejadian ini ­untuk dijadikan momentum bagi warga Siak, ­bahkan internasional untuk menjadikannnya ­sebagai iven yang sarat dengan teknologi, ­pariwisata, dan keagamaan.

Nah, bagaimana gerhana ini akan terjadi? Ini disebabkan posisi bulan berada di antara matahari dan bumi. GMC adalah salah satu jenis gerhana matahari. Kejadian Gerhana Matahari Cincin muncul ketika piringan bulan tampak sedikit lebih kecil dari ukuran piringan matahari. Oleh sebab itu, saat fase puncak GMC terjadi, bagian pinggir matahari terlihat seperti cincin besar di angkasa. Fase puncak berlangsung di saat posisi bulan sedang berada pada titik paling jauh di lintasan kelilingnya terhadap bumi. Lintasan itu tidak ­berbentuk lingkaran melainkan elips.

Gerhana Matahari Cincin seri Saros 132 terakhir melintasi kawasan di Indonesia pada 23 November 1965. Adapun untuk Gerhana Matahari Total (GMT) sudah melintasi wilayah Indonesia sebanyak 6 kali sejak 1945, termasuk pada 9 Maret 2016 lalu. Waktu terbaik untuk mengamati fenomena ini, atau saat fase puncak GMC tersebut adalah pukul 12.15 WIB sampai 12.19 WIB, Kamis 26 Desember 2019. Sebelum masuk fase puncak, akan terjadi tahap gerhana matahari sebagian dimulai pukul 10.22 WIB. Sedangkan setelah fase puncak, juga akan muncul gerhana matahari sebagian yang berakhir pukul 14.13 WIB.

Festival Gerhana Matahari Cincin akan digelar di Kabupaten Siak, Provinsi Riau, pada 24-26 ­Desember 2019. Selama festival ini berlangsung akan ada mini planetarium, bimtek komunikasi satelit LAPAN A2/ORARI, talkshow seputar ­fenomena GMC, pameran hasil litbang LAPAN, dan sosialisasi ke beberapa sekolah dan perguruan tinggi. Selain itu, LAPAN bersama Kemristekdikti akan mengadakan workshop teropong lubang jarum untuk 100 peserta, pameran fotografi ­gerhana matahari, dan kamera obscura, selama ferstival tersebut.***

NARASI    :  FITHRIADY SYAM

LAYOUT    :  JOEPRI



youtube riaupos



Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU

Pemkab.Pelalawan - HUT Adhyaksa



Sharp Pekanbaru PSBB


UIR PMB Berbasis Rapor

EPAPER RIAU POS  2020-08-03.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com