Kota Istana, Merek Beras Asli Siak

Siak | Kamis, 12 Desember 2019 - 10:02 WIB

SIAK (RIAUPOS.CO) -- Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Siak menyerahkan sertifikat beras asli Siak, yakni Kota Istana, kepada Ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Mulya Tani. Nama beras Kota Istana tersebut sudah mendapat hak paten dari Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia, sebagai nama produk beras lokal yang berasal dari Kabupaten Siak.

Penyerahan itu dilakukan saat Rapat Koordinasi (Rakor) Dewan Ketahanan Pangan Kabupaten Siak 2019 di Kantor Sekretariat Daerah Siak Sri Indrapura, Selasa (10/12). Pada rakor tersebut juga dibahas soal pembangunan ketahanan pangan perlu dilakukan secara berkelanjutan dalam menyatukan persepsi dan kesatuan gerak langkah pembangunan. Sebab ketahanan pangan cakupannya sangat  kompleks.

Karena itu, penanganannya harus dilakukan bersama seluruh pemangku kepentingan baik itu dari sektor pertanian, perikanan, perdagangan, dan dinas perkait.

"Target capaian pembangunan ketahanan pangan dapat diukur dari penurunan penduduk rawan pangan, sektor PPH ketersedianan, harga gabah kering panen (GKP), koefisien variasi pangan di tingkat konsumsi, meliputi beras, cabai merah, dan bawang merah," ujar Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Setda Kabupaten Siak Saut Napitupulu saat membuka rakor tersebut.

Turun hadir Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Siak Syahrial, Kepala UPT Pengawasan Keamanan Mutu Pangan DKP Provinsi Riau Ardi, para pimpinan OPD terkait, beserta staf di lingkungan Pemkab Siak.

Mengingat dimensi pembangunan ketahanan pangan yang luas dengan mencakup  aspek yang sangat luas, lanjut Saut, diperlukan adanya koordinasi dari berbagai kepentingan serta gerak langkah dari berbagai pihak terkait. Dalam mengimplementasikan amanat Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan, Pemerintah Indonesia telah berupaya keras dalam berbagai sektor pembangunan pertanian, peternakan, perkebunan kesehatan, kependudukan, pengelolaan lingkungan hidup yang semuanya bermuara pada terwujudnya visi dan misi Kabupaten Siak.(wik)




Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU



EPAPER RIAU POS  2020-03-31.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3th floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com