Bupati Siak: Generasi Hafiz Menjadi Kebanggaan Negeri Istana

Siak | Kamis, 16 Juni 2022 - 10:27 WIB

Bupati Siak: Generasi Hafiz Menjadi Kebanggaan Negeri Istana
Bupati Siak Alfedri menggunting pita saat peresmian pemakaian tiga ruang kelas baru Pondok Pesantren Darul Hadits Sultan Yahya di Jalan Tengku Buwang Asmara, Kelurahan Kampung Rempak, Kecamatan Siak, Selasa (14/6/2022). (MONAS LUBIS/RIAUPOS.CO)

SIAK (RIAUPOS.CO) - Bupati Siak Alfedri meresmikan tiga ruang kelas baru (RKB) Pondok Pesantren Darul Hadits Sultan Yahya di Jalan Tengku Buwang Asmara, Kelurahan Kampung Rempak, Kecamatan Siak,  Selasa (14/6).

Bersama Bupati Alfedri ada Wakil Bupati Siak Husni Merza, Direktur Operasional Bank Riau Kepri Said Samsuri, Sekda Arfan Usman, Kakan Kemenag, pimpinan Ponpes H Rasyid Suharto.


Bupati Alfedri menjelaskan bantuan pembangunan RKB di ponpes tersebut awalnya dari bantuan CSR PT BSP tahun 2020. Selanjutnya, pada 2021 mendapat bantuan CSR dari Bank Riau Kepri. Selain itu, ada bantuan pembangunan dua ruko dari BWI Siak melalui wakaf seribu rupiah sehari.

Bupati berharap ada bantuan dari pihak-pihak lain untuk membantu perkembangan Ponpes Tahfiz Hadist ini. "Saat ini minat para orang tua untuk menyekolahkan anak-anaknya di pondok pesantren semakin meningkat," ungkap Bupati Alfedri.

M Paspor
Iklan

Tentunya menjadi kebanggaan orang tua anaknya hafal Alquran  dan hadis.

"Generasi inilah yang ke depan kami harapkan bermanfaat bagi kemajuan Kabupaten Siak," kata Bupati Alfedri.


Pimpinan Ponpes H Rasyid Suharto menyampaikan, tiga RKB itu dibangun berkat usaha Pemkab Siak melalui bantuan dana CSR Bank Riau Kepri.

"Sekarang ada 6 kelas yang bisa dipakai oleh santri. Semua ini tidak lepas dari pengaruh besar Bupati Alfedri," kata Rasyid.

Lebih jauh dikatakannya, ide pembangunan ponpes di atas lahan wakaf, atas gagasan Bupati Alfedri yang juga selaku Ketua Badan Wakaf Indonesia (BWI) Kabupaten Siak.

"Ponpes Tahfiz Hadist ini baru berdiri selama dua tahun lebih. Dan pertama ada di kabupaten di Provinsi Riau," terangnya.

Gagasan awal dibangunnya Ponpes dari Ketua BWI Kabupaten Siak, Alfedri. Rasyid menceritakan, saat ini sudah banyak anak Siak mendaftar menjadi calon santri. Awalnya di ponpes tersebut santri yang ada cuma 80 orang. Untuk tahun ajaran baru sudah mendaftar  70 orang.(mng)






Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



DPRD SIAK





riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com