PARIWISATA

Istana Siak Kembali Dibuka, UAS Sampaikan Pesan Ini

Siak | Senin, 22 Juni 2020 - 12:00 WIB

Istana Siak Kembali Dibuka, UAS Sampaikan Pesan Ini
Tangkapan layar UAS saat berada di Istana Siak Sri Indrapura, Kabupaten Siak, Riau.

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) - Ustaz Kondang asal Riau Ustaz Abdul Somad (UAS) mengingatkan masyarakat untuk dapat memahami sejarah dan memberikan pemahaman sejarah kepada anak-anak.

Dibukanya kembali Istana Siak Sri Indrapura di Kabupaten Siak pada Senin (22/6/2020) ini diharapkan menjadi kilas sejarah yang dapat dipahami oleh masyarakat Riau.

"Ajarkan anak-anak kita mengenal sejarah bangsanya, orang yang tidak tahu sejarah maka dia tak akan menghargai masa lalu nenek moyangnya," kata UAS, dalam video singkat di akun Instagram pribadinya, Ahad (22/6).


Dia mengatakan, bahwa Istana Siak telah dibangun sejak tahun 1723 hingga masa kejayaannya berakhir tahun 1946. Sampai pada akhirnya Sultan Syarif Kasim II menyerahkan dan bergabung ke Negara Kesatuan Republik Indonesia yang masa itu dipimpin Presiden Soekarno.

Menurut UAS, orang yang belum sampai ke Siak, berarti belum sampai ke Riau. Artinya belum sampai melihat negeri Melayu.

"Anak-anak kita tak akan pernah tahu sejarah bangsanya, dia tidak cinta, dia tidak mengerti dan paham. Kita pun mungkin menceritakannya sulit, makanya mari kita bawa mereka kemari (Istana Siak, red) untuk memahami sejarah," ujarnya.

Sejak pandemi Corona, 3 bulan lamanya Istana Siak ditutup. Pada hari ini Senin (22/6), ikon sejarah dan budaya kerajaan Melayu tersebut kembali dibuka. UAS mengingatkan agar masyarakat yang mengunjungi agar datang dan mengikuti protokol kesehatan.

"Dengan melihat ini maka kita akan menjadi bangsa yang bangga, dan kita cinta NKRI. Pendahulu-pendahuku kita, sultan-sultan kita telah memperlihatkan itu," pungkasnya.

 

Laporan: *1/Eka G Putra (Pekanbaru)

Editor: E Sulaiman

 



youtube riaupos



Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU

Pemkab.Pelalawan - HUT Adhyaksa



Sharp Pekanbaru PSBB


UIR PMB Berbasis Rapor

EPAPER RIAU POS  2020-08-06.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com