PEMERINTAH KABUPATEN SIAK

Bupati Telekonferensi dengan Gubri

Siak | Selasa, 24 Maret 2020 - 12:58 WIB

Bupati Telekonferensi dengan Gubri
Bupati Siak Alfedri dan jajaran melakukan telekonferensi dengan Gubernur Riau Syamsuar soal penanganan virus corona di Kabupaten Siak yang berlangsung di Ruang Bandar Serai Kantor Bupati Siak, Senin (23/3/2020).Humas Pemkab Siak

(RIAUPOS.CO) -- Pemerintah Kabupaten Siak melakukan teleconference dengan Pemerintah Provinsi Riau terkait penanggulangan virus corona (Covid-19) di Ruang Bandar Serai Kantor Bupati Siak, Senin (23/3).

Pada teleconference Bupati Siak Alfedri memaparkan penanganan corona yang telah dilakukan kepada Gubernur Riau (Gubri)  H Syamsuar. Turut hadir Forkopimda Siak, pejabat Sekda Siak Jamaluddin, Asisten 1 Budhi Yuwono, OPD dan pihak terkait lainnya.

Alfedri melaporkan kepada Gubernur Riau berbagai langkah penanganan dilakukan oleh Pemkab Siak diantaranya telah membuat surat edaran libur sekolah dan guru. Tidak melakukan kegiatan keramaian dan melaksanakan penyemprotan disinfektan.


Juga Pemkab Siak mempersiapkan RSUD Siak sebagai rujukan. ”Kemudian sudah menyiapkan seperti asrama haji kalau ini dimungkinkan untuk isolasi mandiri,” jelasnya.

Untuk pangan, lanjut Alfedri, sudah dilakukan survei bersama Bulog di Bungaraya yang tersedia beras, gula pasir dan minyak goreng.

Lebih lanjut Alfedri mengatakan, melalui OPD terkait membuat imbauan bagi ASN untuk bekerja di rumah. Namun jika bertugas di bidang pelayanan ASN tersebut diminta untuk mengatur jarak dalam bekerja. Seperti ASN yang bekerja di Kantor Pelayanan dan Perizinan Terpadu, Dinas Kependudukan dan Pelayanan Paten di masing-masing kecamatan.

“Kita juga sudah membentuk gugus tugas yang akan bekerja sesuai protokol kesehatan dan komunikasi yang diatur serta melakukan penyemprotan disinfektan ke sejumlah rumah ibadah dan tempat wisata beberapa waktu lalu,” ungkap Alfedri.

Terkait usaha mengantisipasi penyebaran virus corona dari pelabuhan penumpang dan barang di Tanjung Buton dan Mengkapan, pihaknya juga sudah menyiapkan petugas kesehatan pelabuhan untuk mengecek suhu badan setiap penumpang.

“Di Pelabuhan Tanjung Buton kami sudah melakukan kerja sama antara Dinas Perhubungan dan KSOP. Setiap orang yang masuk  diwajibkan diperiksa suhu badannya. Untuk pelabuhan barang juga akan dilakukan pengecekan kesehatan melalui petugas kesehatan pelabuhan dan KP3,”paparnya.

Pada kesempatan tersebut, juga Bupati meneruskan pesan Gubernur Riau mengimbau seluruh perusahaan yang ada di Kabupaten Siak agar mengawasi seluruh para pekerjanya dan berkoordinasi kepada Pemkab jika ditemukan pekerja yang mengalami gejala yang mirip dengan Covid-19.(zed)

Laporan Wiwik Widyaningsih, Siak Sriindrapura

 






Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU


Achmad - Idul Fitri

UIR PMB Berbasis Rapor

Pelita Indonesia

EPAPER RIAU POS  2020-06-02.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com