KONFLIK SATWA

Di Siak, 2 Ekor Kambing Mati Diduga Dimangsa Harimau

Siak | Minggu, 27 Juni 2021 - 15:40 WIB

Di Siak, 2 Ekor Kambing Mati Diduga Dimangsa Harimau
Seekor kambing milik warga mati diduga dimangsa seekor harimau sumatera di Dusun Tiga, Desa Teluk Lanus Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak, Sabtu (26/6/2021). (HUMAS BBKSDA RIAU UNTUK RIAUPOS.CO)

PEKANBARU (RIAU POS.CO) - Warga di Dusun Tiga, Desa Teluk Lanus, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak resah dengan kemunculan harimau sumatera yang diduga telah memangsa dua ekor hewan ternak kambing. 

Atas peristiwa itu, penghulu kampung melaporkan kejadian tersebut ke Balai Besar KSDA Riau, Sabtu (26/6/2021). 


Begitu mendapat laporan tersebut, Balai Besar KSDA Riau langsung bergerak cepat dengan menurunkan tim Wildlife Respon Unit ke lokasi kejadian. 

Nantinya di lokasi kejadian, tim akan melakukan pengumpulan bukti dan keterangan di tempat kejadian, pemasangan kamera trap, sosialisasi ke warga dan pemasangan rambu-rambu peringatan. 

"Upaya tindak lanjut menunggu hasil kamera trap dan perkembangan di lapangan," ujar Kepala Bidang KSDA Wilayah II, Heru Sutmantoro, Ahad (27/6/2021).

Heru Sutmantoro menjelaskan, menurut laporan penghulu kampung diduga binatang buas (harimau) tersebut telah menyerang dua ekor hewan ternak berupa kambing yang tengah berada didalam kandang pada dua lokasi yang berbeda. 

"Berdasarkan pengamatan dari foto jejak, dipastikan binatang buas yang menyerang ternak warga tersebut adalah harimau sumatera dan diperkirakan 1 individu," terangnya.

Heru mengungkapkan pihak Balai Besar KSDA Riau telah berkomunikasi secara intens dengan perangkat desa setempat, dan sebagai tindak lanjut laporan tersebut Balai Besar KSDA Riau telah menurunkan Tim Wildlife Respon Unit ke lokasi.

Bank BJB

"Pada, Ahad (27/6/2021) diperkirakan tim tiba di lokasi malam hari," pungkasnya. 


Laporan: Dofi Iskandar (Pekanbaru)

Editor: E Sulaiman




Pemkab Rokan Hulu



Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



TERBARU


EPAPER RIAU POS  ajsdjasda.jpg


OPINI

Atan Sengat 2021-12-01 11:18:12
RUBAIDA ROSE guru MA Ponpes Nurul Islam Kampung Baru Kuantan Singingi Redefinisi Makna Belajar buat Guru 01 Desember 2021



riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com