Moment GMC Diharap Tingkatkan Kunjungan Wisata

Siak | Jumat, 27 Desember 2019 - 11:03 WIB

Moment GMC Diharap Tingkatkan Kunjungan Wisata
RAMAI: Pengunjung cukup ramai saat melihat proses terjadinya Gerhana Matahari Cincin di lapangan Kampung Bunsur, Kecamatan Sungai Apit, Kamis (26/12/2019). (WIWIK WIRDANINGSIH/RIAU POS)

SIAK (RIAUPOS.CO) -- Ribuan pengunjung  memadati lokasi Gerhana Matahari Cincin (GMC) di Kampung Bunsur Kecamatan Sungai Apit, Siak, Kamis (26/12). Fenomena alam yang begitu langka karena terjadi selama 300 tahun sekali, menarik perhatian masyarakat lokal dan mancanegara mendatangi langsung Kabupaten Siak untuk menyaksikan peristiwa alam tersebut.

Pantuan di lapangan sejak H-2 lokasi puncak GMC dipadati pengunjung hingga hari H. Arus lalu lintas begitu padat dilalui kendaraan baik roda dua dan roda empat.

Di sisi lain, masyarakat lokal Sungai Apit memanfaatkan momen bersejarah ini berjualan kuliner dan kerajinan tangan. Serta menyediakan tempat tinggal untuk dijadikan home stay bekerja sama dengan pemerintah setempat. Juga kunjungan ke lokasi wisata seperti taman mongrove.

Camat Sungai Apit, Wahyudi berharap dengan adanya momen Gerhana Matahari Cincin Kabupaten Siak khususnya Kecamatan Sungai Apit lebih terkenal dengan objek wisatanya.

"Sebagai tempat titik Gerhana Matahari Cincin, kita berharap wisata Sungai Apit makin terkenal dan tentunya akan meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat tempatan," harapnya.

Salah seorang pengunjung, Nanik mengaku datang dari Dumai bersama keluarga untuk melihat langsung Gerhana Matahari Cincin di Kabupaten Siak.

"Saya dengar bahwa Siak jelas sekali untuk melihat gerhana.Pas libur sekolah,saya dan keluarga datang ke Siak dan sekaligus ke istana," katanya.(wik)




Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU



EPAPER RIAU POS  2020-03-29.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3th floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com