Petani Harap Harga Stabil

Siak | Jumat, 31 Januari 2020 - 10:52 WIB

SIAK (RIAUPOS.CO) -- Harga tandan buah segar (TBS) tingkat petani swadaya dalam pekan ini mengalami kenaikan. Bagi petani sawit di Sungai Mandau, Siak, sangat berharap harga tersebut bisa bertahan. Karena pendapatan mereka masih tergantung hasil sawit.


Harga TBS dalam pekan ini di Sungai Mandau mencapai Rp1.660 per kilogram yang sebelumnya sempat lama bertahan di bawah Rp1.200.

"Harga sawit dalam minggu ini mengembirakan mencapai Rp1.660 per kilogram. Buah pun saat ini tidak trek. Kami berharap harga tetap stabil, tidak lagi turun naik," ujar seorang petani sawit Sungai Mandau, Amir.

Dia mengatakan, banyak warga Sungai Mandau yang menggantungkan pendapatan hanya pada kelapa sawit. Sehingga jika harga turun tentu sangat mempergaruhi ekonomi petani setempat.

Hal senada juga di sampaikan petani lainnya di Bunga Raya. Dirun menyebutkan harga TBS pekan ini naik antara 1.650- 1.660 tergantung siapa agen atau pengepul yang mengambil buah sawit.

"Kami sebagai petani tentu sangat gembira harga buah sawit naik. Diharapkan harga tetap stabil, kalau dapat harga terus naik," ungkapnya.

Dia mengatakan bahwa buah sawit di Bunga Raya berbeda dengan daerah lain. "Harapan kami sebagai petani, pemerintah dapat memperhatikan harga sawit bagi petani kecil," harapnya.(wik)






Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU


Achmad - Idul Fitri

Pelita Indonesia

EPAPER RIAU POS  2020-05-29.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com