IKUTI BIMTEK PROGRAM APKASI

Bupati Siak Jemput Dana Hibah 2023

Siak | Selasa, 31 Mei 2022 - 09:49 WIB

Bupati Siak Jemput Dana Hibah 2023
Bupati Siak Alfedri bertukar cendera mata saat menghadiri bimtek program asosasi Apkasi dalam menjemput dana hibah Kedaireka di Auditorium Gedung D, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Ristek & Teknologi, Jalan Jenderal Sudirman Kav 86 Jakarta Pusat, Senin (30/5/2022). (ISTIMEWA)

SIAK (RIAUPOS.CO) - BUPATI Siak Alfedri menghadiri sosialisasi bertema membangun kemitraan pemerintah daerah dan kampus melalui program dana hibah Kedaireka Rp1 sampai Rp2 triliun pada 2023.

Acara tersebut, tindak lanjut nota kesepahaman antara Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset & Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia kerja sama dengan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi).


Dikatakan Bupati, program ini merupakan unggulan Apkasi dalam upaya mendorong dan meningkatkan sinergi serta inovasi cipta reka daerah dengan perguruan tinggi di Indonesia, dalam memperluas jangkauan kebermanfaatan pada masyarakat.

"Kedaireka ini merupakan platform program kolaborasi antara perguruan tinggi dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI), termasuk pemerintah daerah (pemda) dalam upaya meningkatkan kemandirian daerah dalam hal reka cipta dengan menghasilkan inovasi yang bisa menyelesaikan permasalahan di masyarakat di daerah," ujar Bupati Alfedri.

M Paspor
Iklan

Acara itu juga dihadiri Kadis Kesehatan Tonny Candra, Plt Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Mahadar dan Kepala Bappeda Wan Yunus.

Lebih jauh dikatakan Bupati, ada lima tema terkait program Kedaireka, yaitu ekonomi digital, kemandirian kesehatan, ekonomi hijau, pemulihan ekonomi dan pariwisata, serta ekonomi biru.


"Kami diberikan kesempatan untuk mengusulkan proposal kegiatan. Tentu kami bersyukur mendapatkan kesempatan ini, dukungan dana dari Apkasi," ungkap Bupati Alfedri.

Sesuai dengan tema untuk bidang kesehatan pihaknya mengusulkan dashboard mengatasi masalah stunting, ekonomi hijau, aplikasi dalam mendukung pemasaran produk UMKM, peningkatan SDM para guru, masyarakat melalui kerja sama dengan perguruan tinggi, ini yang akan diusulkan untuk mendapatkan bantuan anggaran pada 2023 dari Apkasi.

Bupati Alfedri yang juga pengurus Apkasi juga mengatakan dana hibah Kedaireka iti dianggarakan untuk 2023 difokuskan pada empat bidang.

"Dana ini pada perinsipnya 50:50. Misalnya kita buat pelatihan peningkatan sumber daya manusia, dari kami 50 dan dibantu dari proposal 50," ucap Bupati Alfedri.(hen)

Laporan MONANG LUBIS, Siak






Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



DPRD SIAK





riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com