PASIEN COVID-19

Sumbar Siapkan Sembilan Lokasi Karantina

Sumatera | Sabtu, 04 April 2020 - 03:47 WIB

Sumbar Siapkan Sembilan Lokasi Karantina
Gubernur Sumatra Barat Irwan Prayitno. MIKO ELFISHA/ANTARA)

PAYAKUMBUH (RIAUPOS.CO) -- Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno menyebutkan, pemerintah provinsi setempat telah menyiapkan sembilan gedung atau tempat yang dijadikan untuk tempat karantina bagi Orang Dalam Pengawasan (ODP) dan yang positif terjangkiti Covid-19.

"Dari sembilan itu, yang enam untuk ODP dan tiga lainnya untuk pasien yang dinyatakan positif Covid-19 ringan," kata dia didampingi Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi dan Wakil Wali Kota Erwin Yunaz di Payakumbuh, Jumat (3/4).

Ia mengatakan tempat karantina tersebut tidak hanya disediakan oleh Pemprov Sumbar, tapi juga oleh beberapa kabupaten/kota lainnya.


"Payakumbuh juga sudah. Selain itu, ada Pesisir Selatan, Pasaman, Pasaman Barat, Sawahlunto, Sijunjung dan Padang," ujarnya.

Selanjutnya, Pemprov Sumbar juga telah menyiapkan sejumlah strategi penanggulangan penyebaran Covid-19, contohnya pengetatan pengawasan di setiap perbatasan masuk ke Sumbar.

"Ada sembilan perbatasan darat yang penjagaannya kita perketat. Setiap yang datang diperiksa, alamat rumahnya ditandai dan diserahkan kepada kabupaten/kota untuk memantau langsung. Kita juga mendata yang masuk melalui bandara," kata dia.

Bahkan, saat ini untuk di Sumatera Barat semua kegiatan di luar rumah sudah dibatasi, baik sekolah, kerja, dan ibadah sudah diimbau untuk dilakukan dari rumah.

"Semua dari hulu ke hilir kita kendalikan, semua kita cek, yang punya gejala atau tidak. ODP di rumah kalau tidak bisa ada karantina ODP," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Irwan juga mengimbau agar pemerintah daerah tetap waspada walaupun belum ditemukan pasien positif Covid-19. Belum adanya ditemukan masyarakat yang positif Covid-19 bukan jaminan bahwa di daerah tersebut belum ada warga yang terpapar.

"Orang yang berkeliaran di sini (Payakumbuh) bisa jadi positif, tapi dia tidak merasa karena belum dicek di laboratorium. Ini kondisi bahaya, jangan banyak di luar, di rumah saja," ujarnya.

Sumber: JPNN.Com
Editor: Rinaldi

 






Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU


Achmad - Idul Fitri

UIR PMB Berbasis Rapor

Pelita Indonesia

EPAPER RIAU POS  2020-06-02.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com