WALI KOTA BERHARAP MASYARAKAT KEMBALI DISIPLIN

Padang Mulai Terapkan PPKM Darurat

Sumatera | Rabu, 14 Juli 2021 - 10:13 WIB

Padang Mulai Terapkan PPKM Darurat
Wali Kota Padang Hendri Septa memberikan keterangan pers terkait penerapan PPKM darurat di Padang, Selasa (13/7/2021). (PADEK.CO/JPG)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) - Perluasan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat di beberapa daerah di luar Jawa dan Bali mulai efektif dijalankan, Selasa (13/7), termasuk di ibu kota Provinsi Sumatera Barat, Padang. Sebelumnya, sejak 7 April lalu, Kota Padang sudah memperketat PPKM. Hal ini diungkapkan Wali Kota Padang, Hendri Septa, Selasa (13/7).

"Kami sudah mendapatkan laporan di perbatasan, hampir ratusan mobil sudah kami minta putar arah balik. Memang mereka tidak tahu aturan ini sebab banyak yang datang dari luar Padang. Kota Padang ini penghubung dari kota ke kota lain," terang Hendri  dalam Dialog Produktif KPCPEN yang ditayangkan FMB9ID_IKP, Selasa (13/7).


Diakui Hendri, masyarakat di daerahnya belum seluruhnya dapat melaksanakan anjuran dan arahan yang disampaikan. Untuk itu, Hendri berharap, dengan adanya PPKM Darurat di Kota Padang ini, kedisiplinan masyarakat bisa kembali ditegakkan demi menurunkan lonjakan kasus Covid-19.

Sementara itu, Ketua Tim Mitigasi Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) dr Adib Khumaidi SpOT menerangkan, saat ini adalah situasi sulit bagi masyarakat sehingga perlu dipahami dengan sangat mendalam.

"Kondisi saat ini memang menjadi problem psikologi di masyarakat sehingga tidak gampang juga untuk mengedukasi masyarakat," ujarnya.

"Kita perlu memberikan pemahaman bahwa penyelesaian pandemi ini tidak hanya dari aspek kepentingan pemerintah atau aspek kepentingan tenaga medis saja, tapi juga untuk kepentingan masyarakat juga," terang dr Adib.

Dokter Adib mendorong agar terciptanya peningkatan partisipasi masyarakat sehingga seluruh elemen masyarakat mendapatkan pemahaman yang sama guna mendukung upaya yang sudah  dilakukan pemerintah. "Garda terdepan bukan dokter bukan perawat tapi garda terdepan adalah masyarakat," tuturnya.(aga)

 


Bank BJB

Pemkab Rokan Hulu




Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com