Ketua IKA USU Wilayah Riau Dilantik, Ini Harapan Gubri Syamsuar

Sumatera | Minggu, 26 Juni 2022 - 23:03 WIB

Ketua IKA USU Wilayah Riau Dilantik, Ini Harapan Gubri Syamsuar
Ikatan Alumni USU wilayah Riau pada acara pelantikan, di Hotel Pekanbaru, Pekanbaru, Ahad (25/7/2022). (IKA USU WILAYAH RIAU UNTUK RIAUPOS.CO)

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) - Pengurus Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Sumatera Utara (USU) Wilayah Riau resmi dilantik, Ahad  (26/6/2022). Pelantikan drg Burhanuddin Agung selaku ketua dan seluruh pengurus IKA USU Riau langsung dipimpin oleh Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Alumni (PP IKA) USU Muhammad Syafi’i.

Pada kesempatan ini juga dilakukan pelantikan pengurus 11 IKA Fakultas dan juga reuni akbar dengan tema "Membangun Riau dengan Sinergisitas Potensi dalam Keberagaman Profesi dan Keahlian".


Ketua IKA USU wilayah Riau, drg Burhanuddin Agung dalam sambutannya mengatakan pihaknya telah mengumpulkan 11 Fakultas secara bersama-sama untuk terbentuknya IKA USU dan juga IKA Fakultas di Provinsi Riau ini.

"Adapun semangat untuk memperkuat IKA Fakultas ini adalah dalam rangka untuk melakukan rekruitmen daripada alumni yang kita perkirakan ada sekitar 4 sampai 5 ribu alumni USU yang ada di Provinsi Riau. Ini kita sudah mulai sejak 5 tahun lalu untuk merekrut ini tapi melalui IKA Wilayah sepertinya kita mengalami kesulitan secara tekhnis. Dan memang terbukti, awal dibentuk IKA FAkultas hanya sedikit yang bergabung. Tapi sekarang sudah banyak, dalam grup WA Fakultas itu saja masing-masing pesertanya sampai 100 an orang," ujarnya.

Ia mengatakan secara perlahan alumni yang selama ini tidak tersentuh, tidak terkomunikasikan mulai merapat ke IKA Fakultas maupun IKA Wilayah.

"Oleh karena itu semangat kebersamaan ini, semangat kesatuan ini tentunya tak hanya sebatas semangat kita untuk saling berinteraksi dan silaturahim. Kita harapkan IKA-IKA Fakultas ini nantinya dapat memerankan, merumuskan pemikiran-pemikiran brilian. Karena banyak disini alumni USU yang memiliki berbagai potensi," ungkapnya.


Pada kesempatan tersebut, Agung juga menyampaikan kepada Gubernur Riau Syamsuar bahwa acara ini dihadiri dekan dan juga rektor USU. Kehadiran mereka adalah keinginannya bagaimana untuk bisa mensinergikan potensi perguruan tinggi dengan potensi yang ada di Riau.

"Insya Allah kedepan bisa kita jalin melalui IKA USU ini. Baik IKA Fakultas maupun IKA Wilayah nantinya akan menjadi perekat antara kekuatan Pemerintah daerah dengan kekuatan USU sebagai sumber dari pemikiran, sumber daripada ilmu, sumber daripada pengembangan-pengembangan yang bisa kita sinergikan," ungkapnya.

Sementara itu Gubernur Riau Syamsuar yang hadir dalam kesempatan tersebut mengatakan keberadaan organisasi, salah satunya seperti IKA USU Wilayah Riau ini diperlukan untuk melakukan sinergi bersama dengan pemerintah baik dalam segala bidang khususnya dari segi pembangunan.

"Untuk itu, ada kesempatan terbuka (untuk para alumni) yang ingin melakukan kegiatan usaha dapat memanfaatkan potensi yang ada di daerah," ujar Gubernur Syamsuar, Ahad (26/6/2022).

Ia mencontohkan, kegiatan usaha yang dapat dilakukan seperti, berkebun ataupun bertani. Menurutnya, kegiatan tersebut juga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi khususnya di daerah kawasan perbatasan.

"Seperti menanam jagung, saat ini sahabat kita di Sumatera Barat membutuhkan jagung. Dan sudah saya koordinasi dari pak gubernur Sumatera Barat bahwa mereka membutuhkan 1.600 kg jagung perhari," tuturnya

Untuk itu, ungkapnya, membuka peluang usaha baik dari segi pertanian, perkebunan, ternak, dan lainnya harus perlu menjadi perhatian bersama. Karena kebutuhan akan sumber daya alam tersebut akan terus di butuhkan baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

"Diharapkan para alumni ikut berperan dan bersinergi dengan pemerintah khususnya di bidang pembangunan dan peluang usaha," harapnya.

Selain itu gubernur juga meminta dukungan untuk percepatan tol Riau-Sumatera Utara (Sumut). 

"Mohon dukungan juga untuk jalan tol Riau dan Sumatera Utara. Karena kalau menunggu APBN dan lanjut fase pada tahun depan, rasanya tak mungkin selesai. Jadi ada peluang bisa dipercepat dengan peran investasi swasta," sebutnya.

"Kami tahu banyak pengusaha-pengusaha dari IKA USU di luar sektor sawit. Kami harapkan tak usah malu-malu, segan-segan. Kami mudahkan urusan, demi mengusahakan pertumbuhan ekonomi yang tinggi," imbuhnya.

Pada acara itu juga dilakukan penyerahan penghargaan pada sejumlah tokoh alumni seperti Gubernur Riau Syamsuar, Walikota Dumai Phaisal dan beberapa tokoh dari akademisi, juga perusahaan swasta yang alumni USU dan berdomisili di Riau.

Laporan: Helfizon Assyafei (Pekanbaru)

Editor: Eka G Putra








Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



DPRD SIAK



EPAPER RIAU POS  9-Gugust.jpg




riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com