Siapa Itu Jerry Lawson, Lihat Google Doodle Hari ini

Teknologi | Jumat, 02 Desember 2022 - 01:30 WIB

Siapa Itu Jerry Lawson, Lihat Google Doodle Hari ini
Google Doodle mengenang Jerry Lawson, saat gambar diklik, bisa main game ringan. (INTERNET)

JAKARTA (RIAUPOS.CO) – Buat yang membuka Google hari ini, baik via mobile ataupun PC, akan menemukan sesuatu yang unik. Di muka awal pencarian, Google menampilkan doodle atau coretan terkait Jerry Lawson.

Nggak hanya sekadar gambar, saat diklik, kalau Google Doodle biasanya menampilkan hasil pencarian terkait doodle yang dibuatnya, kali ini pengguna akan disajikan mini games seru. Diketahui, Google memang kerap memberikan penghormatan pada setiap momen peringatan tertentu, atau tokoh-tokoh dunia yang dianggap penting.

Yamaha Alfa Scorpii

Pada Kamis (1/12) ini, Google mengenang Jerry Lawson. Lalu, siapakah Jerry Lawson? Nama ini memang terdengar asing, namun tahukah kamu kalau Jerry Lawson adalah salah satu tokoh sentral dalam industri game dalam pengembangan awalnya.

Jerry Lawson adalah pelopor video game rumahan pada tahun 1970-an dengan membantu menciptakan Fairchild Channel F, sistem video game rumahan pertama dengan permainan yang dapat dipertukarkan atau menggunakan kartrid.

Berasal dari New York, Lawson adalah salah satu dari sedikit insinyur Afrika-Amerika yang bekerja di bidang komputasi pada awal era awal video game. Bisa dibilang, kalau tidak ada Jerry Lawson, perkembangan teknologi game tidak akan seperti sekarang.

Oleh karena karya Jerry Lawson, dia dijuluki sebagai “bapak kartrid videogame” menurut majalah Black Enterprise pada tahun 1982. Dia meninggalkan Fairchild dan mendirikan perusahaan game Video-Soft.

Nggak hanya kartrid game, Jerry Lawson juga dikenang karena merancang joystick delapan arah baru dan tombol “jeda” atau pause, yang merupakan yang pertama untuk konsol video game rumahan kala itu.

Pada tahun 1980, Lawson meninggalkan Fairchild dan mendirikan Videosoft, sebuah perusahaan pengembangan video game yang membuat perangkat lunak untuk Atari 2600 pada awal 1980-an, karena 2600 telah menggantikan Channel F sebagai sistem teratas di pasar.

Pada bulan Maret 2011, Lawson mendapat penghargaan sebagai pelopor industri atas karyanya pada konsep kartrid game oleh International Game Developers Association (IGDA). Lawson dianugerahi penghargaan ID@Xbox Gaming Heroes di Festival Game Independen ke-21 pada 20 Maret 2019 karena memimpin pengembangan konsol game berbasis kartrid pertama.

Pada tanggal 9 April 2011, sekitar satu bulan setelah dihormati oleh IGDA, dia meninggal karena komplikasi diabetes. Pada saat kematiannya, dia tinggal di Santa Clara, California, dan meninggalkan seorang istri, dua anak, dan saudara laki-lakinya.

 

Sumber: Jawapos.com

Editor: Edwar Yaman

 

 

 









Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



Beacukai

riaupos-golkar

riaupo xl axiata

riaupos stain bengkalis

riaupos-kpu meranti

riaupos-bappeda-bengkalis


EPAPER RIAU POS  2023-01-28.jpg





riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com