DAPAT DIGUNAKAN SAAT REM UTAMA BLONG

Jangan Panik Bila Rem Tangan Tiba-tiba Macet

Teknologi | Minggu, 05 April 2020 - 01:10 WIB

Jangan Panik Bila Rem Tangan Tiba-tiba Macet
Jangan panik bila tuas rem tangan tiba-tiba macet dan tak bisa dikembalikan. (DOK ASTRA)

JAKARTA (RIAUPOS.CO) -- Mungkin hal ini belum Anda alami saat mengendarai mobil, namun jika nantinya sempat mengalaminya, sebaiknya jangan panik. Apa itu? Rem tangan yang tiba-tiba macet.

Salah satu komponen keselamatan pada kendaraan ini merupakan komponen penting pada setiap mobil, yang memiliki tombol pembebas yang berada di ujung tuas. Dalam pengoprasiannya sangatlah mudah, hanya perlu menekan tombol terlebih dahulu, kemudian menurunkan tuas rem tangannya.


Sementara mekanisme tuas rem tangan ke kanvas rem belakang menggunakan kabel yang terhubung dengan rem belakang kiri dan kanan. Bila saat tuas rem tangan ditarik (bunyi krek), maka kanvas rem belakang kiri dan kanan akan menahan roda belakang melalui kanvas rem yang menahan tromol rem (drum brake).

Dengan menarik rem tangan ini mencegah mobil menggelinding saat mobil sedang parkir atau berhenti di tanjakan. Fungsi lain juga bisa digunakan saat rem utama blong untuk mengurangi kecepatan mobil. Bisa Anda bayangkan bila tiba-tiba rem tangan macet atau tak berfungsi? Anda harus mengetahui faktor penyebab hal ini.

Seperti dilansir dari laman Astraworld, disebutkan kalau salah satu masalah yang kemungkinan terjadi pada rem tangan adalah tuas rem tangan tidak dapat dikembalikan setelah ditarik. Ini disebabkan proses penarikan tuas rem tangan terlalu kuat sehingga melebihi batas maksimal gerigi mekanisme di bagian dalamnya.

Cara mengembalikan tuas rem tangan (manual) yang macet pastinya diperlukan tenaga ekstra. Bisa dibayangkan bila sang pengemudi adalah seoarang perempuan. Bila ini terjadi untuk mengembalikan tuas rem tangan yang macet, Anda harus menekan tombol sambil mengangkat tuas rem dengan kuat. Kemudian dengan cepat turunkan tuas pedal remnya.

Bila cara tersebut tidak berhasil, maka perlu dilakukan pembongkaran pada bagian komponen dalam rem tangan untuk mengembalikan posisinya (gerigi). Sebaiknya, usahakan jangan terlalu kuat saat menarik tuas rem tangan saat parkir, kecuali saat darurat (rem blong).

Sudah pasti R&D merancang sedemikian rupa agar rem tangan mudah digunakan dan membuat nyaman pengendara. Artinya sudah ada standar yang harus dilakukan saat menggunakannya. Jangan lupa bila sempat mengalami hal ini lakukan perawatan rutin terhadap unit mobil Anda.

Sumber: Jawapos.com
Editor: Rinaldi

 






Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU


Achmad - Idul Fitri

UIR PMB Berbasis Rapor

Pelita Indonesia

EPAPER RIAU POS  2020-06-06.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com