TEKNOLOGI

Covid-19 Bawa Berkah Bagi Google dan Apple

Teknologi | Minggu, 12 April 2020 - 15:00 WIB

Covid-19 Bawa Berkah Bagi Google dan Apple
ILUSTRASI (INTERNET)

JAKARTA (RIAUPOS.CO) - Tak bisa dipungkiri, selama pandemi Covid-19, penggunaan aplikasi seluler telah melonjak. Ini dikarenakan orang-orang ‘terjebak’ di rumah karena wabah coronavirus. Masyarakat beralih ke aplikasi untuk melakukan belanja, mengelola keuangan mereka, menemukan latihan baru, bekerja dari rumah dan tetap terhibur.

Menurut data baru dari App Annie belum lama ini, Q1 2020 adalah kuartal terbesar dalam hal pengeluaran konsumen untuk aplikasi. Selain itu, rata-rata waktu mingguan yang dihabiskan dalam aplikasi dan game di seluruh dunia naik 20 persen Year on Year (YoY) pada kuartal tersebut, berdasarkan analsis perangkat Android. Ini juga telah diterjemahkan ke rekor peningkatan pengeluaran konsumen di toko aplikasi.

Pada Q1 2020, konsumen di seluruh dunia menghabiskan lebih dari USD 23,4 miliar atau setara dengan Rp 371,6 triliun melalui toko aplikasi. Angka tersebut merupakan angka terbesar yang pernah ada dibandingkan dengan kuartal yang sama di tahun sebelumnya.

Platform iOS dari Apple menyumbang USD 15 miliar atau berkisar Rp 238,3 triliun. Sementara Google dengan toko aplikasi Google Play-nya menyumbang USD 8,3 miliar atau berkisar Rp 131,8 triliun. Kedua angka ini juga mewakili peningkatan 5 persen dari tahun ke tahun di platform masing-masing.

Aplikasi non-game menyumbang 35 persen dari pengeluaran konsumen untuk iOS dan 15 persen untuk Google Play. Sementara itu, konsumen menghabiskan lebih dari USD 16,7 miliar atau setara dengan Rp 265,1 triliun untuk game di kuartal tersebut.


Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok adalah kontributor terbesar untuk pengeluaran konsumen di iOS, dan AS, Jepang dan Korea Selatan adalah yang terbesar di Google Play. Pengguna Android menghabiskan paling banyak pada aplikasi Game, Sosial dan Hiburan, terutama kepada Disney Plus dan Twitch Amazon.

Sementara itu, pengguna iOS menghabiskan paling banyak untuk Game, Hiburan dan aplikasi Foto dan Video, dengan TikTok terutama masuk ke lima besar oleh pengeluaran konsumen untuk iOS pada kuartal tersebut, posisi selanjutnya ada Tinder dan YouTube.

Dalam data tersebut, App Annie juga membeberkan sebanyak 31 miliar aplikasi terpasang pada Q1 2020. 31 miliar unduhan aplikasi baru pada Q1 2020 terjadi atau naik 15 persen dari kuartal keempat tahun 2019.

Itu penting, mengingat kuartal keempat biasanya melihat peningkatan besar dalam pemasangan aplikasi dari penjualan liburan ponsel baru, dan Q1 berhasil menjadi yang teratas. Di Google Play, unduhan naik 5 persen YoY menjadi 22,5 miliar. Sementara unduhan iOS naik 15 persen YoY menjadi lebih dari 9 miliar.

Aplikasi non-game di Google Play menyumbang sebagian besar (55 persen) unduhan, dan di iOS, semuanya adalah 65 persen unduhan. Itu menunjukan indikasi bahwa orang mencari berbagai aplikasi seluler untuk mengelola rumah mereka yang baru di rumah dan kehidupan kerja dari rumah.

Pasar terbesar untuk unduhan Google Play adalah India dan Brasil, karena populasi mereka yang cukup besar dan preferensi untuk perangkat Android yang lebih murah. Di iOS, Tiongkok dan AS adalah dua pasar terbesar dengan unduhan dan penggerak utama pertumbuhan unduhan untuk kuartal ini.

Unduhan Game Seluler

Game Seluler, Alat, dan Hiburan adalah kategori terbesar untuk unduhan Google Play sementara Game, Foto dan Video, dan Hiburan adalah kategori terbesar di iOS. Di kedua platform, Game mendorong pertumbuhan paling besar.

Pada Q1 2020, unduhan game seluler tumbuh 20 persen dari tahun ke tahun hingga mencapai lebih dari 13 miliar pada kuartal tersebut. Mereka juga naik lebih dari 30 persen setiap triwulan.

Di Google Play, unduhan game naik 25 persen menjadi hampir 10 miliar, YoY, dan di iOS mereka naik 25 persen menjadi 3 miliar teratas di Q1.

Pengguna kebanyakan mengunduh game Teka-Teki, Simulasi, Aksi, dan Arcade di kuartal ini. Tetapi yang terbanyak tetap pada permainan Role Play, Action dan Strategy.

Kategori lain yang melihat unduhan kuat di kedua platform termasuk Heath and Fitness, Pendidikan dan Bisnis. Kesehatan dan Kebugaran naik 40 persen di Google Play dan 30 persen di iOS, kuartal ke kuartal. Pendidikan naik 35 persen di Google Play dan 40 persen di iOS. Dan Bisnis naik 30 persen di Google Play dan 35 persen di iOS.

 

Sumber: Jawapos.com

Editor: E Sulaiman



youtube riaupos



Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU

Pemkab.Pelalawan - HUT Adhyaksa



Sharp Pekanbaru PSBB


UIR PMB Berbasis Rapor

EPAPER RIAU POS  2020-08-13.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com