Pesan Terakhir, Setelah Microsoft Hentikan Dukungan ke Windows 7

Teknologi | Rabu, 15 Januari 2020 - 18:09 WIB

Pesan Terakhir, Setelah Microsoft Hentikan Dukungan ke Windows 7
Ilustrasi: Penggunaan OS Windows 7 (kiri) di tengah gempuran OS Windows terbaru, Windows 10 (kanan) (Microsoft).jawapos.com

JAKARTA(RIAUPOS.CO) – Microsoft selaku pemilik sistem operasi atau OS Windows telah secara resmi mengumumkan berhentinya dukungan teknis untuk Windows 7. Dengan demikian, Windows 7 tak akan lagi mendapatkan dukungan teknis berupa pembaruan versi hingga sistem keamanan.

Dikutip JawaPos.com dari laman resmi Microsoft, Rabu (15/1), dukungan teknis untuk Windows 7 resmi dihentikan pada Selasa (14/1). Terkait dengan berhentinya dukungan teknis untuk Windows 7, Microsoft mengimbau kepada siapapun yang masih menggunakan Windows 7 untuk segera melakukan pembaruan ke versi Windows terbaru.

Baca Juga :Microsoft di Indonesia, Menko Airlangga: Buka 60 Ribu Lapangan Kerja

“Jika terus menggunakan Windows 7 setelah dukungan berakhir pada 14 Januari 2020, PC Anda masih dapat digunakan. Tetapi dapat menjadi lebih rentan terhadap risiko keamanan,” tulis pihak Microsoft di laman resminya.

Sementara dilansir dari Ubergizmo, platform Microsoft Windows 7 diluncurkan lebih dari satu dekade yang lalu. Sejak itu, platform tersebut telah mulai digantikan oleh versi OS terbaru seperti Windows 8 dan Windows 10 sebagai OS paling mutakhir.

Karenanya, tidak mengejutkan mengetahui bahwa Microsoft telah secara resmi mengakhiri dukungan untuk Windows 7. Microsoft semdiri telah memperingatkan pengguna Windows 7 sejak beberapa waktu terakhir bahwa mereka akan menghentikan dukungan teknis untuk Windows 7 dan sekarang telah tiba.

Sebagai informasi juga, Windows 7 adalah salah satu OS yang sangat populer dari sejarah OS Windows racikan Microsoft. Data dari Netmarketshare telah mengungkapkan bahwa sekitar 26 persen dari semua PC di dunia terus menjalankan sistem operasi tersebut.

Hanya saja, seperti sudah diingatkan Microsoft, karena tidak lagi secara resmi mendukung Windows 7, itu berarti bahwa tidak akan ada lagi tambalan dan pembaruan keamanan. Dengan demikian, pengguna sistem operasi tersebut, terlebih untuk pengguna bisnis dan para pekerja akan lebih rentan komputernya terserang malware dan kemungkinan eksploitasi data oleh para penjahat siber.

Editor : Deslina

Sumber: Jawapos.com


Bank BJB




Tuliskan Komentar anda dari account Facebook




EPAPER RIAU POS  24-Juni.jpg



riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com