Mustang Bakal Hijrah Pakai Mesin Listrik

Teknologi | Senin, 16 Desember 2019 - 02:38 WIB

Mustang Bakal Hijrah Pakai Mesin Listrik
Mobil listrik konsep Ford Mustang. (MOTOR1)

JAKARTA (RIAUPOS.CO) -- Ford memiliki satu mobil yang menjadi legenda hingga kini. Adalah Mustang, yang pertama diproduksi pada 1964 silam dan masih memiliki model terbaru hingga sekarang.

Eksistensi Ford Mustang tampaknya akan terus berlanjut, hingga ke masa depan. Ford bahkan memiliki rencana untuk membuat mobil andalannya yang identik dengan logo Kuda sedang berlari itu, dengan mesin listrik di masa mendatang.

Sebagaimana dilansir JawaPos.com dari Motoring via Motor1, Ahad (15/12), Ford bahkan mengatakan kalau Mustang listrik hanya masalah waktu saja. Ya, produsen mobil asal Amerika Serikat (AS) itu tampaknya saat ini sedang bekerja pada Mustang listrik.


Mustang listrik juga sebenarnya bukan ide baru. Ford kini diketahui bekerja sama dengan Webasto, perusahaan teknologi dan otomotif Jerman untuk membuat prototipe sekali pakai Mustang yang sepenuhnya bertenaga listrik.

Dengan tenaga listrik, Mustang yang dikenal juga dengan tenaga besar itu tak lantas menjadi ciut tenaganya. Sebab, mobil yang kini masih purwarupa dan sempat mejeng di pameran otomotif Sema Show itu dapat menghasilkan lebih dari 900 tenaga kuda (671 kilowatt).

Tetapi kecenderungan Ford untuk membuat Mustang yang berlistrik tidak terhubung ke konsep Electric Vehicle (EV) yang kuat, yang memiliki transmisi manual 6-percepatan. Menurut Ron Heiser, chief engineer dari Mustang Mach-E (mobil listrik Ford yang baru), Mustang EV harus segera menjadi kenyataan karena Mach-E telah keluar.

Berbicara dengan Motoring Australia, Heiser menjelaskan bahwa platform Mach-E adalah arsitektur EV Blue Oval yang baru, yang akan mendukung beberapa Ford EV di masa depan. Namun, tidak semua akan dinamai Mustang. Platform EV baru sangat fleksibel, yang memungkinkannya diregangkan atau dipersingkat, mengakomodasi tata letak powertrain penggerak roda belakang atau all-wheel-drive, atau bahkan menampung berbagai jenis baterai.

Dengan mengatakan itu, Heiser mengatakan bahwa Mustang EV adalah suatu kemungkinan, tetapi tidak ada yang tahu kapan waktu persisnya Mustang listrik akan diluncurkan. Pandangannya tentang Mustang EV didasarkan pada premis, bahwa pasar pada akhirnya akan beralih ke EV di kemudian hari.

Tapi apakah Mustang EV masa depan akan sekuat Konsep Mustang Lithium? Heiser tidak mengonfirmasi, tetapi mengingat bahwa Ford dapat melakukannya dengan platform yang tidak didedikasikan untuk EV, tidak akan sulit untuk mengharapkan yang terbaik dari produsen mobil itu.

Ford Mustang generasi berikutnya dijadwalkan datang pada tahun 2021, dengan laporan yang menyatakan bahwa versi all wheel drive akan tersedia. Mustang hybrid juga ada di map pengembangan mereka. Jadi kita nantikan saja Mustang yang benar-benar bertenaga listrik.

Sumber : Jawapos.com
Editor : Rinaldi

 



youtube riaupos



Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU

Pemkab.Pelalawan - HUT Adhyaksa



Sharp Pekanbaru PSBB


UIR PMB Berbasis Rapor

EPAPER RIAU POS  2020-08-13.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com