DUNIA GAME

Google Umumkan Game Android Bakal Bisa Dimainkan di Windows

Teknologi | Minggu, 19 Desember 2021 - 18:10 WIB

Google Umumkan Game Android Bakal Bisa Dimainkan di Windows
ILUSTRASI (INTERNET)

JAKARTA (RIAUPOS.CO) - Google dilaporkan berencana untuk membawa game Android ke PC Windows tahun depan. Aplikasi Google Play Games akan tersedia pada tahun 2022, dibuat oleh Google untuk memungkinkan game dari Google Play berjalan di laptop, tablet, dan PC dengan sistem operasi atau OS Windows.

“Mulai tahun 2022, pemain akan dapat merasakan game Google Play favorit mereka di lebih banyak perangkat. Beralih dengan cepat antara ponsel, tablet, Chromebook, dan segera PC Windows,” kata Greg Hartrell, direktur produk Google untuk game di Android dan Google Play, dalam sebuah pernyataan kepada The Verge.

Yamaha Alfa Scorpii

Dia melanjutkan, produk buatan Google ini bakal menghadirkan yang terbaik dari Google Play Game ke lebih banyak perangkat termasuk laptop dan desktop. “Dan kami sangat senang dapat memperluas platform kami bagi para pemain untuk lebih menikmati game Android favorit,” lanjut Hartrell.

Dalam kesempatan yang sama, juru bicara Google Alex Garcia-Kummert mengatakan bahwa perusahaan telah membangun aplikasi ini sendiri. Ini berarti Google belum bekerja sama dengan mitra lainnya seperti Microsoft atau BlueStacks untuk bisa menjalankan game Android di platform Windows.

Living World Pekanbaru

Aplikasi yang akan datang juga akan memungkinkan pemain untuk melanjutkan game di PC desktop, setelah memainkannya di ponsel, tablet, atau Chromebook. Detail lebih lanjut mengenai rencana ini belum dibeberkan Google. Namun melalui acara The Game Awards beberapa waktu lalu, rencana ini akan segera terealisasi tahun depan.

Selain itu, belum jelas teknologi apa yang digunakan Google untuk meniru aplikasi Android di Windows, tetapi game akan berjalan secara lokal atau mandiri alih-alih menggunakan streaming dari cloud.


“Ini akan menjadi aplikasi Windows asli yang didistribusikan oleh Google, yang akan mendukung Windows 10 dan lebih tinggi. Dan itu tidak akan melibatkan layanan streaming game,” tandas Hartrell.

Pengumuman Google ini datang beberapa bulan setelah Microsoft mulai menguji aplikasi Android di PC Windows 11. Microsoft telah membangun Subsistem Windows untuk Android, yang mampu menjalankan aplikasi Android dari berbagai sumber.

Raksasa perangkat lunak tersebut telah bermitra dengan Amazon untuk memungkinkan pengguna Windows menginstal game dan aplikasi secara asli dari Amazon Appstore, tetapi dukungan Google Play asli tidak akan tersedia secara resmi melalui fitur Microsoft.

Karena Microsoft hanya secara resmi bermitra dengan Amazon untuk fitur tersebut yang berarti itu akan jauh lebih sedikit game dan aplikasi Android yang tersedia bagi pengguna Windows 11 untuk dipasang dengan mudah di OS Windows.

Detail tentang rencana Google untuk aplikasi Android di Windows pertama kali muncul dalam dokumen dari uji coba Epic v Apple awal tahun ini. Tertanggal Oktober 2020, dokumen setebal 70 halaman itu menggambarkan upaya ambisius untuk menghadirkan game Android di Mac dan PC Windows.

 

Sumber: Jawapos.com

Editor: E Sulaiman






Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



Pemkab Meranti


EPAPER RIAU POS  2022-05-27.jpg




riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com