OTOMOTIF

Mobil Anda Kekurangan Tenaga Saat Digunakan, Perhatikan Penyebabnya

Teknologi | Kamis, 23 April 2020 - 02:03 WIB

Mobil Anda Kekurangan Tenaga Saat Digunakan, Perhatikan Penyebabnya
Berkurangnya tenaga mobil merupakan indikasi adanya kerusakan ataupun masalah di komponen. (JawaPos.com)

(RIAUPOS.CO) -- Bila mobil Anda mengalami kekurangan tenaga saat dikendarai ada beberapa hal penyebab. Biasanya kotornya saluran pembakaran menjadi penyebab mobil kekurangan tenaga.

Akan tetapi ada beberap hal penyebab munculnya masalah ini. Bila ini terjadi pada mobil Anda, cari apa penyebabnya dan pastikan segera menyelesaikan masalah ini.

Pasalnya berkurangnya tenaga mobil merupakan indikasi adanya kerusakan ataupun masalah di komponen. Bila dibiarkan tak khayal kerusakan yang lebih serius bisa saja terjadi.

Ada enam hal menurut doktermobil yang biasanya menjadi penyebab mobil akan kekurangan tenaga. Beda penyebab munculnya masalah, beda juga solusinya. Oleh karena itu Anda wajib mencari tahu apa yang menjadi penyebab munculnya masalah, begitu juga dengan solusinya. Agar biaya perbaikan tidak membengkak.


Kurangnya Pasokan Udara ke Mesin
Biasanya hal ini kerap terjadi, karena udara mempunyai pengaruh terhadap mesin mobil. Tenaga bisa saja hilang jika ada masalah yang terjadi pada sektor induction system.

Biasanya hal ini terjadi apabila filter udara pada mesin mobil mengalami masalah seperti kondisinya yang kotor. Tidak hanya itu, mobil yang menggunakan teknologi EFI dan DBW menjadikan thortle body tersumbat. Bila ini terjadi maka saat menaiki tanjakan dengan paksa maka power yang dimiliki akan menurun.

Hal ini bisa menjadikan Mobil mati dan ini sangat berbahaya. Solusinya adalah dengan membersihkan filter udara atau menggantinya dengan yang baru apabila permukaan filter sudah mulai berwarna hitam.

Saluran Bahan Bakar Kotor
Saluran bahan bakar terbagi menjadi injektor dan tangki bahan bakar. Apabila kotoran dapat masuk menuju sistem injeksi, maka bisa menyebabkan tersumbat sehingga mesin mobil menjadi loss power. Ini akan membuat mesin mobil mati mendadak.

Komponen yang sering kotor dan harus dibersihkan adalah filter bensin, karena jika kotoran menumpuk pada bagian ini membuatnya tersumbat dan aliran bahan bakar terhalang.

Ausnya Kampas Kopling
Kampas kopling yang mulai habis bisa menyebabkan tenaga mobil berkurang saat di tanjakan. Biasanya saat mobil menanjak menggunakan setengah kopling, padahal hal tersebut justru membuat kampas kopling cepat aus. Ini dikarenakan terjadi pergesekan antara plat kopling dengan preassure plat.

Ciri dari kampas kopling habis adalah saat memindahkan gigi transmisi terasa sedikit sulit tidak seperti biasanya. Mengatasi hal ini harus mengganti dengan yang baru. Jangan memaksakan untuk tetap melintasi tanjakan karena bisa berbahaya.

Masalah pada Turbo Vane
Masalah ini berlaku pada mobil bermesin diesel. Mobil yang menggunakan komponen turbo telah dilengkapi juga dengan turbo vane yang memiliki fungsi mengatur boost preasure yang asalnya dari turbo.

Bila boost preasur tidak biasa dilakukan pengaturan maka menyebabkan suplay udaranya menjadi berlebihan sehingga timbul rasio mobil mengalami peningkatan. Selain menyebabkan mobil tidak bertenaga, juga dapat membuat mesin mobil overheat.

Solusinya Anda harus ke bengkel khusus yang menangani mesin jenis diesel. Karena turbo vane memiliki beberapa komponen yang rumit sehingga sangat diperlukan tenaga yang ahli.

Beban Muatan Berlebihan
Membawa beban muatan yang terlalu banyak melebihi kapasitas yang direkomendasikan bisa mengakibatkan mobil tak ada tenaga. Biasanya masalah yang satu ini terjadi pada mobil dengan segmen low MPV ataupun jenis LCGC. Pemilik memaksakan membawa banyak barang padahal kapasitas mesin yang digunakan hanya 1.0 l sampai 1.5 l saja. Hindari hal ini agar kenyamanan dan keselamatan berkendara tetatp ada.

Sumber: JawaPos.com
Editor: Erizal






Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU


Achmad - Idul Fitri

Pelita Indonesia

EPAPER RIAU POS  2020-05-31.jpg

PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com