Cara Membedakan IPhone Original atau Replika

Teknologi | Jumat, 24 Desember 2021 - 15:05 WIB

Cara Membedakan IPhone Original atau Replika
Ilustrasi. (DOK.JAWAPOS.COM)

JAKARTA (RIAUPOS.CO) - Kalau bicara soal iPhone, brand asal Amerika ini memang sudah tidak diragukan lagi pamornya. Memiliki desain yang premium, kamera yang ciamik, display yang sangat jernih, dan software yang canggih, tak ayal ponsel flagship ini dibanderol dengan harga yang cukup merogoh kocek, meski bisa Anda dapatkan melalui metode pembayaran kredit HP tanpa uang muka.

Nah, karena harganya yang cukup mahal, saat ini banyak sekali oknum-oknum yang memproduksi iPhone HDC, atau singkatan dari Hand Draw Copy, alias replika atau kw. Bila dilihat dari fisiknya saja, iPhone HDC hampir tidak ada bedanya dengan iPhone yang original, karena benar-benar mirip.

Yamaha Alfa Scorpii

Bagi Anda yang ingin membeli iPhone bekas, jangan sampai terkecoh harga murah, ya. Bisa jadi itu iPhone HDC yang memiliki kualitas jauh dari yang aslinya. Oleh karena itu, berikut ada 5 cara membedakan iPhone HDC dengan iPhone original.

1. Sistem Operasi

Living World Pekanbaru

Hal paling membedakan antara iPhone HDC dan iPhone original adalah sistem operasinya. Sebab sistem operasi iOS tidak bisa sembarangan di-instal di dalam sebuah ponsel buatan. Oleh karena itu, biasanya iPhone HDC menggunakan sistem operasi Android.

Namun, meskipun iPhone HDC menggunakan sistem operasi Android, desainnya tetap diubah semirip mungkin dengan sistem operasi iOS. Jadi, tetap jeli dalam mengecek ponsel yang akan Anda beli, ya!


2. Cek Apps Store

Pembeda iPhone HDC dan iPhone original selanjutnya adalah Apps Store. Sama seperti sistem operasi, Apps Store dalam iPhone HDC adalah Play Store dari Android yang diubah sedemikian rupa, sehingga mirip dengan yang aslinya.

Oleh karena itu, jika Anda curiga dengan iPhone Anda adalah iPhone HDC, dan tampilan Apps Store sama dengan aslinya, cobalah langsung mencari aplikasi yang hanya bisa di-instal pada iPhone, seperti iMovie atau Garageband. Jika tidak ada, sudah dipastikan iPhone tersebut palsu.

3. Kamera

iPhone terkenal dengan kamera yang memiliki kualitas tingkat tinggi. iPhone 13 terbaru saja beresolusi 12MP (bukaan f/1.6) yang menangkap cahaya 14 persen lebih banyak untuk meningkatkan kualitas foto low light dan masih didukung dengan keberadaan sensor LiDAR. Selain itu, mampu merekam 4K dengan frame rate 60 fps, dan serta lensa ultrawide yang juga bisa berfungsi sebagai lensa makro karena adanya autofocus.

Dengan kecanggihan seperti ini, sangatlah tidak mungkin kalau iPhone HDC, yang diberi harga murah akan menyaingi kecanggihan iPhone original. Oleh karena itu, cek kamera ponsel tersebut. Bila perlu bandingan dengan iPhone orang lain agar terlihat perbedaannya.

4. Material yang Digunakan

Material yang biasanya digunakan dalam iPhone asli adalah alumunium, iron, lithium, copper, dan gold yang kokoh dan elegan. Untuk barang tiruan seperti iPhone HDC biasanya bodi ponsel terbuat dari material plastik yang ringan dan tipis.

Selain itu, jika material yang dibuat sama, Anda harus menyelidiki lebih lanjut detail bodi yang terdapat dalam ponsel HDC karena biasanya ukuran dan detail yang dibuat kurang presisi.

5. Tombol Screenshot

Perbedaan terakhir adalah fitur screenshot, dimana fitur ini cukup penting dalam sebuah HP karena berfungsi untuk menangkap gambar atau sesuatu yang ingin Anda simpan di galeri. Pada iPhone HDC, Anda tidak dapat menggunakan fitur ini, karena jika Anda melakukan kombinasi power button dan tombol volume, maka tidak akan terjadi apa-apa.

Lebih Baik Beli di Toko Resmi

Sudah, daripada Anda membeli kucing dalam karung, dengan tergiur oleh iPhone harga miring, lebih baik langsung membeli di toko resmi saja, seperti iBox, Erafone, Digimap, JD.ID atau official store yang ada di Tokopedia, BliBli, hingga Bukalapak, yang sudah bekerja sama dengan Kredivo, yang menyediakan layanan kredit HP tanpa uang muka misalnya.

Sumber: Jawapos.com

Editor: Eka G Putra






Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



Pemkab Meranti


EPAPER RIAU POS  2022-05-28.jpg

Miyako

Rinnai

Shimizu




riau pos PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com