OTOMOTIF

Pilih-Pilih Antara Kia Seltos, HR-V atau Wuling Almaz

Teknologi | Selasa, 28 Januari 2020 - 15:16 WIB

Pilih-Pilih Antara Kia Seltos, HR-V atau Wuling Almaz

JAKARTA (RIAUPOS.CO) – Di awal 2020 pasar ototomotif masih diramaikan dengan tren mobil berjenis MPV (Multi Purpose Vehicle) dan mobil SUV (Sport Utility Vehicle). Tak salah bila Agen Pemegang Merek (APM) dalam melihat pasar di Indonesia masih mengandalkan di segmen ini.

Namun geliat segmen SUV mulai tahun kemarin tak mau kalah dengan segmen MPV yang lebih dulu banjir peminat. Ya, untuk menarik perhatian konsumen para APM tak pelit memberikan desain kekinian dan fitur modern.


Balutan desain sporty, menawarkan ruang kabin cukup luas dan cocok menjadi kendaraan dikeseharian menjadi alasan mobil SUV ini disukai. Tak heran harga mobil SUV baru masih bersaing dipasaran dengan harga yang sangat kompetitif.

Ada beberapa rekomendasi untuk SUV dengan banderol kisaran Rp200 jutaan. Yang masih hangat dibicarakan adalah Kia Seltos resmi hadir di Indonesia dengan rentang harga menarik untuk SUV di kelasnya, yaitu mulai Rp299 juta (OTR Jakarta). Dengan banderol tersebut, Seltos bersaing dengan SUV seperti Honda HR-V dan Wuling Almaz.

Yang menjadikan Seltos bersinggungan dengan beberapa SUV di atas dengan melihat spesifikasinya. Varian mesin yang disediakan untuk pasar Indonesia adalah empat silinder 1.4 liter turbo, yang dipadukan dengan transmisi DCT (dual-clutch) 7-speed.

Seltos harus siap menghadapi persaingan di rentang harga tersebut, khususnya Honda HR-V sebagai penguasa pasar di segmen tersebut. HR-V sendiri saat ini dipasarkan dengan rentang harga Rp297 juta-415,7 juta (OTR Jakarta).

Sementara ada juga Wuling Almaz, sebuah SUV sensasional penggebrak pasar pada 2019 ini tercatat dipasarkan dengan harga mulai Rp263,8 juta sampai Rp338,8 juta, berbekal mesin 1.5 liter turbo.

Tak hanya bicara harga Almaz yang paling menarik, fiturnya juga tak mau kalah dengan kedua pesaingnya. Bahkan melejitnya penjualan Wuling Almaz tak lepas dari tren mobil SUV secara global, termasuk Indonesia.

Gaikindo menyebutkan pada tahun lalu pasar mobil di seluruh dunia mencapai 98 juta unit. Model SUV terjual hingga 45 juta unit dan sedan 30 juta. Sementara model MPV yang populer di Indonesia hanya terjual 5 juta unit di seluruh dunia.

Almaz itu memiliki semua fitur dan kemampuan sebuah mobil SUV andal. Mesinnya 1.500 cc plus turbocharger buatan Honeywell yang menghasilkan tenaga 140 hp.

Mesin besar ini dipadu transmisi CVT dengan pilihan tiga mode berkendara; Eco, Sport, dan 8-speed manual simulation. Pilihan tiga mode ini menghadirkan sensasi berkendara yang tidak ditemukan di SUV lain di kelasnya.

Kelebihan lain dari dua varian Almaz itu adalah fitur voice command bahasa Indonesia yang dinamakan WIND (Wuling Indonesian Command). Ini fitur satu-satunya di Indonesia, jadi tidak dimiliki SUV merek lain di Tanah Air. Berkat fitur ini, berkendara bersama Almaz 5-seaters atau 7 seaters terasa mewah, karena Anda bisa menggunakan perintah suara untuk melakukan berbagai aktivitas saat berkendara.

Misalnya menghidupkan pendingin udara (AC), membuka jendela atau panoramic sunroof, menyalakan fitur musik/radio, memilih lagu, dan sebagainya. Kemudian melakukan panggilan telepon, menjalankan aplikasi Wuling Link, serta menanyakan hari dan jam. Masih banyak aktivitas yang bisa dilakukan lewat perintah suara ini dan selalu akan bikin Anda takjub.

Tak lupa fitur panoramic sunroof Almaz, yang lebar dan panjang hingga baris kedua, sehingga nuansa kabin sangat lapang serta mewah. Mau pilih yang mana?

Sumber: Jawapos.com
Editor: E Sulaiman


Hutama Karya

BJB KPR GAUL






Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

TERBARU



EPAPER RIAU POS  2021-03-06.jpg


PT. Riau Multimedia Corporindo
Graha Pena Riau, 3rd floor
Jl. HR Soebrantas KM 10.5 Tampan
Pekanbaru - Riau
E-mail:riaupos.maya@gmail.com